Sunday, March 11, 2007

AsiaBSDCon 2007 (2)

Pada hari kedua AsiaBSDCon 2007 ini seperti sebelumnya saya berangkat pagi jam 07.20 Odakyu rapid express dari Shonandai-eki. Namun pagi ini kawasan Kanto diguyur hujan lumayan membuat beberapa bagian celana saya agak basah.

Acara pembukaan oleh George V Neville Neil dng membacakan agendar hari ini. Presenter pertama Ryan McBride (OpenBSD) berbicara dng topic Randomness. Presenter kedua Keiichi Shima (KAME, IIJ) berbicara dng topic Mobile IPv6.

Lunch masih dengan sama seperti kemarin bento dengan dua pilihan plus ocha (green tea).

Sesi berikutnya setelah makan siang: dongeng sejarah BSD Unix oleh Marshall Kirk McKusick. McKusick juga menjual DVD history of BSD Unix di stand Google, yng menjual adalah Murray Stokeley (src commiter FreeBSD yng sekarang kerja di Google dng jabatan di Google,Inc sbg site realibility) hasilnya sold out ! sial saya nggak kebagian, si Ume ngeborong euy, dia beli 2 biji DVD !!! . Oh ya disesi McKusick ini McKusick cerita mengapa DARPA memilih Unix BSD sbg Internet server ARPANET yaitu pihak BBN sbg kontraktor TCP/IP ternyata kerjaannya payah, Bill joy yng mewakili Berkeley pada waktu itu menolak perintah DARPA utk memasang TCP/IP nya BBN di BSD Unix karena menurut Bill Joy TCP/IP buatan BBN kalah performance dng TCP/IP nya Berkeley. Selain itu juga krn Unix AT & T yng sempat ditest oleh pihak DARPA sbg Internet server ternyata harus di reboot sebanyak dua kali ! sedangkan Unix BSD anteng-anteng saja :-) krn dua alasan tsb itulah pihak DARPA memilih Unix BSD sbg Internet server ARPANET bahkan berlanjut hingga NSF-Net.
Presenter berikutnya Stephan Uphoff (Yahoo!, Inc) dng topic Bluffs. Lalu presenter selanjutnya Koshiro Mitsuya (Keio University, ini sih senpai saya di lab) dng topic Dualstack mobile IP.

Coffee break lalu lanjut sesi presentasi. Presenter pertama Mathieu Sauve-Frankel (OpenBSD) dng topic IPSec. Lalu selanjutnya Randall Steward (Cisco System) dng topic SCTP.

Coffee break lagi (tapi saya ngantuk :) padahal menu coffee breaknya kopi pahit starbuck), terus lanjut sesi presentasi lagi. Presentasi pertama Damien Miller (OpenBSD) dng topic OpenSSH. Presenter terakhir Pawel Jacub Dawidek dng topic ZFS.
Pawel terpaksa mendemonstrasikan operasi ZFS di notebook Apple Robert Watson karena Pawel kesulitan dalam mengkonfigurasi ukuran font pada notebooknya. :-)

Ok acara conference selesai, saatnya dinner :-) oh ya sebelum diner ada penutupan dr George V Neville Neil. ya intinya terima kasih kpd sponsor, panitia, peserta, dan speakers. George juga cerita dia dan Hiroki Sato (hrs) sempat panik karena pada hari terakhir pemasukkan paper tidak ada satupun yang setor. Dia bilang: "Oh my God, what kind of conference without papers !"

Oh ya beberapa info penting:
Pawel akan segera meng-committ ZFS ke HEAD, katanya sih dalam waktu 1 bulan kedepan.
Sthepan Uphoff juga sewaktu saya tanya pas dinner kapan mau commit Bluffs ke HEAD, dia bilang summer 2007 ini paling cepat krn masih ada beberapa constraints seperti kode bluffs yng masih banyak bug, lalu ada rencana 7.0 release pada bulan Juni 2007 ini.

No comments: