Saturday, March 10, 2007

AsiaBSDCon 2007 (1)

Hari ini Sabtu tgl 10 Maret 2007 saya hadir di AsiaBSDCon2007 conference bertempat di Tekeda Building, The University Tokyo. Acara dimulai jam 09.00, jadi saya mesti berangkat dari shonandai-eki (sta terdekat dng apato saya) jam 07.20 naik odakyu rapid express sampai Yoyogi Uehara -eki lalu norikae (transfer) ke Chiyoda -sen lalu turun di Nezu-eki lalu jalan kaki kurang lebih 8-10 menit sampai Takeda Building. Eh sebenarnya ditengah perjalanan dari Yoyogi Uehara-eki ke Nezu-eki saya sempat turun di Hibiya-eki karena tiba-tiba perut saya tidak bisa diajak kompromi, terpaksa turun di Hibiya-eki untuk cari toilet lalu setelah selesai berkompromi dengan perut dan sistem pencernaan tubuh saya lanjutkan perjalanan ke Nezu-eki.
Sebenarnya acara AsiaBSDCon2007 ini dimulai sejak tgl 8, hanya saja tgl 8 dan 9 Maret adalah sesi tutorial dan biaya tutorial dan conference berbeda jadi saya putuskan ikut conference saja krn saya lagi ndak punya duit, utk hadir di conference pun saya dibiayai oleh boss saya assistant profesor di Keio Univ, SFC, Achmad Husni Thamrin.
*many thanks to my boss* !!!

Acara dimulai pembukaan oleh George V Neville Neil (gnn at FreeBSD.org) dan dari local host chair. Oh ya gnn ini rupanya dapat ngobrol menggunakan bhs Jepang dng lancar krn pernah tinggal di Jepang selama 3 tahun !

Saya melihat kehadiran developer *BSD seperti Kirk McKusick (ini mah veteran ! rambut udah beruban !), Robert Watson (FreeBSD's netperf), Pawel Jakub Dawidek (yng porting ZFS ke FreeBSD), Brook Davis (spesialis clustering), lalu ada Itojun (tangan kanannya di gips krn cedera, sehingga hanya tangan kirinya saja yng berfungsi utk sementara), Jinmei Tatuya (ISC,Toshiba), Murray Stokely (now he works at Google, Inc), Ryan McBride (OpenBSD's pf and Carp author), Hajimu Umemoto (ume at FreeBSD, IPv6), Randall Steward (SCTP author, Cisco System,Inc), Xin Li (dari China) dan masih ada beberapa orang lagi.

Menu lunch: bento dengan dua pilihan (dua pilihan bukan berarti bisa ambil dua-duanya ! cuma boleh ambil salah satu saja) Sedangkan menu coffee break: starbuck coffee. Acara conference diakhiri presentasi dari sensei saya Prof Jun Murai :-) dan dinner (banquet). Selama makan malam saya lihat Jun Kuriyama (FreeBSD's port committer, IMRGSRC, Inc Japan) jadi tukang bersih-bersih, bolak balik mengambil sampah yng berceceran dan piring kotor.

Iseng-iseng biar blog ini keliatan penuh :-) saya copy and paste perintah ifconfig:
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ath0: flags=8843 metric 0 mtu 1500
ether 00:0a:79:6b:4e:cf
inet6 fe80::20a:79ff:fe6b:4ecf%ath0 prefixlen 64 scopeid 0x3
inet6 2001:200:161:10:20a:79ff:fe6b:4ecf prefixlen 64 autoconf
inet 192.51.215.203 netmask 0xfffffc00 broadcast 192.51.215.255
media: IEEE 802.11 Wireless Ethernet autoselect (OFDM/36Mbps)
status: associated
ssid uttakeda1110 channel 1 bssid 00:15:63:11:a0:b0
authmode OPEN privacy ON deftxkey 1 wepkey 1:40-bit txpowmax 36
bmiss 7 protmode CTS burst roaming MANUAL bintval 100
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ruangan conference sih cukup bagus dan representatif, cuma ada sedikit masalah dng sound system.

Oh ya rupanya Google skr sudah menjadi salah satu sponsor FreeBSD project dan juga sbg FreeBSD user. Apa ini gara-gara si Murray Stokely kerja di Google ? saya ndak tau :-)

No comments: